Rumus Excel Untuk Pemula

Rumus excel untuk pemula
Rumus Excel yang Sering Digunakan Dalam Dunia Kerja, Wajib Catat Nih!
- IF. Fungsi rumus Excel IF adalah mengambil salah satu dari dua nilai berdasarkan suatu kondisi.
- 2. SUM. Fungsi rumus Excel SUM adalah menjumlahkan sekumpulan angka. ...
- 3. Count. ...
- 4. CountA. ...
- CountIF. ...
- 6. SumIF. ...
- 7. Match. ...
- 8. VLookUp.
Apa saja rumus spreadsheet?
10 rumus Excel
- SUM. SUM adalah rumus yang paling banyak dipakai karena fungsinya untuk menjumlahkan angka-angka.
- 2. IF. IF berfungsi untuk mengembalikan suatu nilai jika sebuah kondisi atau pernyataan bernilai benar. ...
- 3. LOOKUP. ...
- 4. VLOOKUP. ...
- MATCH. ...
- 6. CHOOSE. ...
- 7. DATE. ...
- 8. DAYS.
Bagaimana cara menggunakan rumus SUM?
Menggunakan fungsi SUM untuk menjumlahkan angka dalam rentang
- Ketik =SUM dalam sel, diikuti dengan tanda kurung buka (.
- Untuk memasukkan rentang rumus pertama, yang disebut argumen (bagian data yang perlu dijalankan rumus), ketik A2:A4 (atau pilih sel A2 dan seret melalui sel A6).
Apa itu SUM di Excel?
Fungsi SUM menambahkan nilai. Anda dapat menambahkan nilai individual, referensi sel atau rentang, atau campuran ketiganya. Misalnya: =SUM(A2:A10) Menambahkan nilai di sel A2:10.
5 rumus pada Microsoft Excel dan apa kegunaannya?
5 Rumus Microsoft Excel Penting
- SUM. SUM merupakan rumus untuk menjumlahkan angka yang ada di sel-sel tertentu.
- COUNT. COUNT memiliki fungsi untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka. ...
- COUNTA. ...
- AVERAGE. ...
- IF.
Rumus AVERAGE untuk apa?
AVERAGE: Fungsi AVERAGE menampilkan nilai rata-rata numerik dalam set data, mengabaikan teks.
Apa fungsi absolut atau F4 dalam ms excel?
Secara umum fungsi dari F4 pada Excel adalah untuk mengubah cell dari Relatif menjadi Absolut atau Semi Absolut. Seperti yang kita ketahui bahwa dalam Excel ada tiga jenis Cell seperti yang sudah disebutkan diatas. Cell Relatif adalah Cell yang alamatnya akan berubah jika digeser atau copy paste pada Cell yang lain.
Rumus VLOOKUP dan hlookup untuk apa?
Demikian, perbedaan VLOOKUP dan HLOOKUP, yaitu VLOOKUP adalah rumus yang digunakan untuk mencari data dalam rentang sel secara vertikal (mencari data berdasarkan kolom). Sementara itu, HLOOKUP adalah rumus yang digunakan untuk mencari data dalam rentang sel secara horizontal (mencari data per baris).
Apa rumus pengurangan di Excel?
Mengurangi angka menggunakan referensi sel Ketik angka di sel C1 dan D1. Misalnya, 5 dan 3. Di sel E1, ketik tanda sama dengan (=) untuk memulai rumus. Setelah tanda sama dengan, ketik C1-D1.
Kapankah digunakan rumus SUM?
Fungsi SUM adalah fungsi excel yang digunakan untuk melakukan penjumlahan data atau menambahkan semua angka yang kita tentukan sebagai argumen. Dengan kata lain kegunaan SUM pada excel adalah untuk menjumlahkan data atau angka yang terdapat pada beberapa sel atau range yang ditentukan.
Apa itu max di Excel?
Rumus MAX pada Microsoft Excel dapat digunakan untuk mencari nilai terbesar dari suatu kumpulan angka yang entri datanya memenuhi kriteria tertentu. Berbeda dengan fungsi Excel pada umumnya, fungsi MAX ini digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari suatu data dengan kriteria/kondisi tertentu.
Apa yang harus diketahui tentang Excel?
Excel merupakan sebuah merupakan sebuah aplikasi yang berupa spreadsheet yang dibuat serta didistribusikan oleh Microsoft Corporation agar dapat digunakan untuk sistem operasi Windows dan juga Mac OS. Excel atau disebut juga Microsoft Excel merupakan salah satu software yang berada dalam paket Microsoft Office.
Jenis data Excel ada berapa?
Yakni tipe data Label, Value, dan Formula. Jika merujuk pada 4 jenis data maka biasanya disebutkan tipe data dimaksud adalah Data Teks (Label), Data Angka (Value), Data waktu (time) dan Data Tanggal (Date).
Apa fungsi dari data sort?
Menyortir baris dari larik atau rentang yang diberikan berdasarkan nilai-nilai dalam satu kolom atau lebih.
Apa itu Average dan contohnya?
Rata-rata merupakan nilai rata-rata aritmatika yang dihitung dengan menjumlahkan sekelompok angka kemudian membaginya dengan jumlah atau banyaknya angka tersebut. Misalnya, rata-rata dari 10, 20, 20, 30, dan 20 adalah 20 yang didapatkan dengan membagi jumlah angka-angka tersebut (100) dengan banyaknya angka (5).
Apa fungsi tombol F6?
F6: menutup dokumen atau file di jendela aktif.
Apa fungsi dari tombol F5?
Tombol F5. Di semua browser Internet modern, menekan F5 akan menyegarkan atau memuat ulang (refresh) halaman atau jendela dokumen. Ctrl + F5 memaksa refresh komplit pada halaman web, membersihkan cache dan mengunduh semua konten halaman lagi.
Apa fungsi dari tombol F2?
2. Fungsi tombol keyboard F2 untuk rename ataumengganti nama file secara cepat.
Apa itu pivot table di Excel?
PivotTable adalah alat canggih untuk menghitung, meringkas, dan menganalisis data yang memungkinkan Anda melihat perbandingan, pola, dan tren dalam data Anda. PivotTable bekerja sedikit berbeda tergantung pada platform apa yang Anda gunakan untuk menjalankan Excel.
Manakah rumus Hlookup?
Rumus Excel Hlookup merupakan salah satu fungsi ms. Excel yang digunakan untuk mencari data pada baris pertama sebuah tabel data, kemudian mengambil nilai dari sel mana pun di kolom yang sama pada tabel data tersebut.
Post a Comment for "Rumus Excel Untuk Pemula"